Cara Menghilangkan Notifikasi Sayangnya Kamera Telah Berhenti

Salah satu bagian penting dalam sebuah smartphone adalah kamera. Dengan kamera kalian dapat mengabadikan berbagai momen yang kalian alami.

Apalagi di era digital seperti ini, tentu kamera menjadi bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia modern yang hobi berfoto-foto untuk mengabadikan moment setiap hari. Tidak sedikit orang berlomba-lomba untuk bisa mengambil foto yang bagus sehingga bisa diupload di media sosial mereka.

Teknologi kamera pada smartphone juga semakin berkembang. Dari mulai kamera yang beresolusi rendah sampai kamera beresolusi tinggi juga semua sudah ada. Bahkan saking pesatnya perkembangan teknologi kamera yang ada pada smartphone.

Sampai-sampai ada smartphone yang memiliki kamera lebih dari 1 bahkan jumlah kameranya bisa mencapai 5 buah kamera dalam 1 smartphone. Tentu dengan kamera seperti itu hasil fotonya sangat bagus.

Tapi pernahkan kallian mengalami kejadian tidak menyenangkan pada saat menggunakan kamera pada smartphone kalian. Misalnya pada saat menggunakan kamera pada smartphone kalian muncul notifikasi sayangnya kamera telah berhenti.

Tentu hal itu akan membuat kalian bingung, lalu bagaimana Cara Mengatasi Sayangnya Kamera Telah Berhenti di Android dengan mudah? Daripada berlama-lama langsung saja simak informasinya di bawah ini.

Cara Mengatasi Sayangnya Kamera Telah Berhenti Pada Smartphone

Untuk bisa mengatasi masalah sayangnya kamera telah berhenti, kalian bisa mencoba beberapa cara dibawah ini.

Merestart Smartphone

Untuk cara yang pertama dan paling mudah dilakukan adalah dengan merestart smartphone kalian. Jika memang belum berhasil kalian bisa mematikan kembali smartphone kalian. Lalu lepaskan kartu sim, memori eksternal, kalo perlu baterainya juga kalian lepaskan.

Kemudian tunggu beberapa saat, setelah itu kalian bisa memasang kembali komponen yang tadi dilepas. Selanjutnya nyalakan kembali smartphone kalian.

Menghentikan Kamera dan Menghapus Data Kamera

Jika cara pertama belum berhasil, kalian bisa mencoba mengatasi dengan cara yang kedua yaitu menghentikan sementara aplikasi kamera kemudian menghapus semua data aplikasi kamera. Hal tersebut bertujuan supaya pengaturan aplikasi kamera kembali ke pengaturan awal atau default. Dengan harapan aplikasi kamera dapat digunakan kembali.

Menghapus Cache

Cara lain yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah sayangnya kamera telah berhenti adalah dengan menghapus cache. Dimana cache merupakan file sampah atau file penggangu. Bisa saja masalah sayangnya kamera telah berhenti, disebabkan karena banyaknya file sampah yang menumpuk pada smartphone kalian.

Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk menghapusnya dengan menggunakan aplikasi cleaner seperti Clean Master ataupun CM Securiy. Selain aplikasi tersebut kalian juga bisa menghapus cache dengan aplikasi yang lain sesuai keinginan kalian.

Restart Kamera

Restart kamera dalam hal ini maksudnya adalah menonaktifkan sementara aplikasi kamera pada smartphone selama beberapa saat. Kemudian mengaktifkan kembali aplikasi kamera pada smartphone tersebut.

Update OS Android

Cara selanjutnya yang bisa kalian coba untuk mengatasi masalah sayangnya kamera telah berhenti adalah dengan melakukan update terhadap sistem operasi yang ada smartphone kalian. Misalkan sebelumnya smartphone kalian menggunakan sistem operasi Kitkat, kalian bisa melakukan update dnegan sistem operasi terbaru yang benama Lolipop.

Melakukan Factory Reset

Adapun cara lain yang bisa kalian coba untuk mengatasi masalah sayangnya kemara telah berhenti adalah dengan melakukan factory reset. Dengan melakukan factory reset maka smartphone kalian akan kembali ke pengaturan awal atau bawaan pabrik.

Sebelum melakuakan factory reset usahakan untuk mem-backup semua data penting yang kalian punya. Supaya data tersebut tidak ikut terhapus pada saat melakukan factory reset.

Semoga dengan beberapa cara diatas dapat mengatasi masalah sayangnya kamera telah berhenti pada smartphone android kalian. Jika dengan beberapa cara diatas masalah kamera tersebut tetap tidak bisa diatasi, bisa saja masalah tersebut disebabkan karena adanya hardware kamera smartphone kalian yang bermasalah sehingga perlu diganti.

Leave a Comment