Kode ICD 10 CAD Lengkap Beserta Keteranganya

Coronary Artery Disease

The International Statistical Classification of Diseases and Related Health Problems lebih sering disebut sebagai International Classification of Diseases (ICD) adalah alat diagnostik standar yang digunakan untuk tujuan epidemiologis dan klinis dalam manajemen kesehatan. ICD dikelola oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang bertanggung jawab untuk memimpin dan mengkoordinasikan pejabat kesehatan dalam sistem badan-badan PBB. ICD dirancang sebagai sistem klasifikasi kesehatan yang menyediakan sistem kode diagnostik untuk klasifikasi penyakit yang mencakup klasifikasi berbagai tanda gejala temuan abnormal keluhan kondisi sosial dan penyebab eksternal dari cedera atau penyakit. Sistem ini dirancang untuk memetakan kesehatan melalui kategori umum serta variasi khusus menggunakan kode hingga enam karakter. Kategori utama dimaksudkan untuk memasukkan kelompok penyakit serupa.

Salah satu penyakit yang masuk kedalam daftar ini adalah Penyakit CAD atau Coronary Artery Disease

Tentang Coronary Artery Disease

Coronary Artery Disease adalah gangguan pada arteri koroner jantung. Kondisi ini terjadi ketika pembuluh darah yang mensuplai darah ke otot jantung tersumbat atau menyempit. Penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah biasanya disebabkan oleh penimbunan kolesterol-zat lain yang sering disebut trombosit pada dinding bagian dalam pembuluh darah. Kondisi ini disebut aterosklerosis. Jika tidak diobati kondisi ini dapat menyebabkan lebih sedikit pendarahan di arteri. Ini mencegah otot jantung menerima darah dan oksigen yang dibutuhkannya untuk berfungsi secara normal. Nyeri dada Serangan jantung dapat terjadi jika otot menerima terlalu sedikit oksigen atau darah. Ketika gumpalan darah yang ada benar-benar mematikan suplai darah itu dapat menyebabkan kerusakan jantung permanen. CAD dapat melemahkan otot jantung yang dapat menyebabkan gagal jantung.

Kode ICD 10 CAD Lengkap

Penyakit CAD ini biasanya akan dikodekan dengan suatu angka yang dapat digunakan untuk Diagnosa atau proses pengobatan. Hasilnya adalah tes dapat dengan mudah dikelompokkan dan diringkas berdasarkan jumlah yang digunakan untuk merekam informasi diagnostik. Kode ICD ini digunakan tidak hanya untuk pelaporan tetapi juga untuk kode diagnostik dalam rujukan online BPJS Kesehatan.

Nah berikut ini Kode ICD 10 dari CAD Coronary Artery Disease

I25.10 Atherosclerotic heart disease: Without hemodynamically significant stenosis
I25.11 Atherosclerotic heart disease: Single-vessel coronary artery disease
I25.12 Atherosclerotic heart disease: Single-vessel coronary artery disease
I25.13 Atherosclerotic heart disease: Triple-vessel coronary artery disease
I25.14 Atherosclerotic heart disease: Left main stem stenosis
I25.15 Atherosclerotic heart disease: With stenosis of bypass grafts
I25.16 Atherosclerotic heart disease: With stenosis of stents
I25.19 Atherosclerotic heart disease: Unspecified

Pengobatan dari ICD 10 CAD

Penggkodean ICD-10 adalah diagnosis berarti, penyakit, cidera, cacat,
keadaan masalah terkait kesehatan. jadi kode icd merupakan tanggung jawab dan tugas dokter untuk menegakkan diagnosis pasien. Melengkapi dan menginterpretasikan informasi diagnostik dalam rekam medis sesuai petunjuk pada ICD-10.

Show Komentar